Wednesday, October 17, 2007

Lebaran yang indah untuk saya

Apa sih makna Lebaran untuk anda ?

Kalau saya yang notabene beragama Kristen Protestan baru kali ini merasakan Lebaran yang indah di rumah yang baru.

Entah kapan saya merasakan kekeluargaan antar umat beragama terakhi kali, tapi Lebaran kemarin saya berlibur di rumah baru yang di satu komplex perumahan yang sekitarnya masih ada lingkungan desa. Dari jendela dan pintu belakang rumah saya masih bisa melihat indahnya sawah, kebun, dan peternakan, suatu pemandangan yang tidak pernah saya dapatkan di kota jakarta.

Well Lebaran indah yang bagaimana yang saya dapatkan?

Pasalnya pada saat selesai Sholat Ied warga sekitar bukan hanya bersilaturahmi dengan yang Muslim saja tapi juga mampir masuk ke rumah kami untuk bersilaturahmi. Ini satu hal yang luar biasa buat saya. Kenapa? Ya, kami sebagai warga baru (baru sebulan pindah) merasa, tentu saja tidak dikenal apalagi dengan identitas sebagai orang Kristen yang sudah terlihat dari mulai pintu masuk sudah terlihat pahatan batu yang berbentuk Salib dan masuk ke ruang tamu akan ada 2 gambar besar Tuhan Yesus, rasanya mungkin orang-orang yang beragama lain akan berpikir 2 kali untuk silaturahmi.

Setidaknya itu yang terjadi di perumahan rumah lama saya yang sudah saya tempati selama 29 tahun. Semua orang hanya langsung melewati rumah kami dan sibuk bersilaturahmi dengan yang Muslim saja.

Berbeda yang terjadi di rumah baru kami (saya & ORTU) saat ini warga sekitar dari luar kompleks bersilaturahmi dengan semua orang tanpa mengenal perbedaan agama setelah selesai Sholat Ied masuk ke rumah dan memberi salam. Hal ini benar2 membuat saya takjub, karena kalau kita bercermin dengan wajah kota Jakarta saya yakin hal ini hanya sebuah mimpi. Bahkan mungkin saya bisa jamin 99% belum mungkin terjadi di Jakarta.

Andai saja rasa saling menghormati dan menghargai sesama, kekeluargaan dan kebersamaan tanpa saling memandang perbedaan, pasti dunia ini akan terasa sangat indah.

Semoga kita semua mau belajar dengan orang-orang yang mungkin kita anggap kurang tetapi mereka punya sesuatu yang luar biasa. Mereka mengerti kalau kebersamaan dan rasa kekeluargaan akan membuat suasana damai dan tenteram.

Well....ini Lebaran yang indah buat saya. Karena saya dapat melihat dan mengalami indahnya KEBERSAMAAN.

No comments: