Thursday, April 19, 2007

Bagaimana Saya memaknai pekerjaan Saya

Sebelum Anda membaca tulisan saya kali ini ada baiknya anda membaca tulisan sebelumnya di blog ini dengan judul “Bagaimana anda memaknai pekerjaan anda”.

Tidak dapat dipungkiri bahwa hidup ini membutuhkan uang, tapi kalau sudah seperti itu jangan sampai anda mengganggap UANG adalah SEGALA2NYA. Stop untuk berpikiran seperti, memang hidup MEMBUTUHKAN UANG tapi UANG bukanlah SEGALA2NYA.

Setelah membaca tulisan Bagaimana anda memaknai pekerjaan anda, saya baru tersadar saya seperti tukang batu yang nomer berapa. Pekerjaan saya adalah seorang Sekretaris soal bekerja keras jangan ditanya mungkin jam kerja saya di kantor cukup panjang soal gaji bukan saya yang paling besar, sesuai? Maybe....maybe not maybe yes, menurut saya itu tergantung bagaimana kita memanagenya.

Uang Rp.100.000 dapat menjadi sangat berharga ketika kita menghargainya dan memanagenya dengan baik tetapi ketika kita menganggap bahwa uang itu hanya sedikit dan tidak memanagenya dengan baik, jangan kaget kalau dalam waktu beberapa jam saja uang itu akan habis begitu saja tanpa anda sadari.

Ok..! mari kita berhenti bicara soal uang, kenapa? Pekerjaan yang anda lakukan tidak semuanya dapat dinilai dengan uang. Kerja keras anda sangat berguna untuk orang yang membutuhkan keahlian anda.

Satu saat bulan September 2006, saya harus berangkat ke Bali untuk melaksanakan satu lokakarya bagi para guru di daerah pedalaman Indonesia Timur. Jangan tanya soal persiapan karena saya akan bilang bahwa saya kurang tidur dan sudah tidak nafsu makan sampai2 untuk mempersiapkan pakaian dan perlengkapan untuk keluar kota saja saya sudah tidak punya waktu, sampai2 koper yang mesti saya bawa, saya tidak tahu kapan dan bagaimana saya harus membawanya pindah dari rumah ke kost saya. Yach itulah bentuk kerja yang kadang kalau saya hitung itu tidak sebanding dengan uang yang saya terima, STOP!! Stop berpikir kalau saya mengeluh TIDAK, saya sedang mencari semua berkat yang saya dapat dari kantor saya untuk saya dan semua itu terbayar dan hasilnya EQUAL. Dan itu tidak bisa di nilai dengan UANG.

Anda pasti bertanya apa yang tidak bisa diukur dengan uang ? contoh kecil kebaikan dan perhatian pimpinan kalau anda bekerja dengan SANGAT BAIK diluar apa yang dia harapkan anda tidak perlu berteriak sampai demo minta naik gaji, itu akan terjadi bahkan sebelum waktunya anda naik gaji. Bagaimana dengan rasa nyaman di kantor ? ya itu juga suasana kerja yang kondusif kadang tidak dapat dinikmati oleh semua orang karena terlalu banyak orang yang sirik dan suka2nya sendiri yach itulah contoh wajah negeri ini. Indonesia yang mengaku ramah tamah ternyata itu hanya slogan sekarang semua orang sibuk memikirkan keuntungan untuk dirinya sendiri tidak untuk orang lain. Masih banyak lagi sesuatu yang saya dapat/nikmati dan itu tidak dapat dinilai dengan uang.

Lanjut ke cerita saya soal lokakarya di Bali lokakarya. Di hari ke 2 pelaksanaan lokakarya Bos saya bilang begini ”Afi, saya ingin kamu membagikan selembar kertas kepada mereka besok pagi dan minta mereka untuk menuliskan pesan dan kesan mereka selama mengikuti lokakarya ini”. Satu hal yang ada dipikiran saya, ”apakah masih penting?” berhubung instruksi saya lakukan dengan baik bahkan saya buat satu format pesan dan kesan yang baik. Hasilnya saya mendapatkan pesan dan kesan yang sangat banyak dan itu memotivasi saya bahkan owner perusahaan di tempat saya bekerja, kenapa? Karena banyak tertulis pesan tentang ucapan terima kasih karena kita telah membukakan pikiran mereka tentang satu dunia baru yang bisa merupakan salah satu solusi untuk memajukan indonesia bahkan satu pesan yang tidak akan pernah saya lupa karena sanggup memusnahkan perasaan SUPER LELAH saya dengan SEGERA yaitu ”dari sekian banyak perjalanan saya ke Bali ini adalah yang paling terindah” KAta2 ini langsung menginspirasikan hidup saya untuk membuat satu ulang tahun saya yang paling indah di pulau dewata, dengan apa? dengan cara yang tidak pernah saya lakukan sebelumnya, saya mencoba keluar dari kurungan pikiran saya sendiri dan keluar dari kenyamanan hidup saya sehingga saya juga bisa katakan ini adalah ulang tahun saya yang paling terindah di pulau dewata.

Anda tidak akan pernah tahu bahwa apa yang akan kerjakan tidak hanya untuk hari ini tapi untuk hari ini dan masa depan anda dan orang lain. Ya ya ya saat ini mungkin salah satu dari anda akan bilang bahwa pekerjaan saya adalah cuma cleaning service mana mungkin berguna untuk orang lain dan masa depan??? Apa yang anda pikir kalau di kantor yang anda duduki sekarang tidak ada cleaning service? Saya jamin akan banyak bibit penyakit yang anda bawa pulang ke rumah karena kantor anda kotor bukan ?. Penyakit? Berobat sekarang mahal hanya karena anda sakit anda tidak bisa menabung untuk masa depan anda bukan? Jawab saja sendiri ok…!!!

Jadi mulailah untuk mencintai pekerjaan anda dan perbuatlah sesuatu dengan baik dengan hasil yang maksimal untuk anda dan orang yang disekeliling anda.

Semoga berguna…
4f1

No comments: