Sunday, February 25, 2007

Bebas Trauma masa lalu

Cerita seru pagi ini gwe bener2 dibangunin sama suara Imam dan Odit di Morning Show "Let us scramble ur morning" Jumat 24 Feb 2007 yang lagi ngomong

(its scrambel my sleep lochhh....)

"apa sih alasan paling jujur kenapa saat ini loe memilih single?"

well thanks anyway gwe jadi tahu ternyata lebih banyak karena trauma dan akhirnya bisa jadi berbuntut panjang.

Seperti yang kemarin gwe bilang alasan yang paling mendasar adalah karena kesibukan gwe sebagai karyawan di kantor dan mahasiswa di kampus yang akhirnya mantan co gwe lebih memilih putus (ini bukti kalo dalam hubungan semua harus imbang bukan hanya ce yang ingin diperhatiin ternyata co juga menginginkan hal yang sama)

Dan saat ini gwe pikir itu wajar karena dalam hubungan ternyata harus ada hukum saling memberi dan menerima walaupun harus ditekankan lebih baik memberi.

Kalo soal ini gwe yakin semuanya sudah bisa diatasi kecuali gwe...he he he

Yang bikin gwe kaget adalah alasan jujur kenapa memilih single lebih banyak (lebih dari 5 sms yg bilang begitu) adalah karena trauma masa lalu dari mulai yang dikhianati sampai dengan soal beda agama atau suku ditinggal married or bla bla bla

Solusi untuk mengatasi trauma ditinggal co dengan berbagai alasan.

Ternyata jadi Ms. listener banyak gunanya juga. dari sekian banyak curhat ce dan co pada akhirnya ada pilihan cara mengatasi TRAUMA dari para co walaupun kadang ngak make sense.

Solusi 1 : Sering-seringlah pacaran (sounds crazy!!!)

Loe mungkin bingung co apa yang bisa ngomong kaya gini. well ini salah satu kenalan teman gwe. Seorang Direktur HRD di perusahaan yang cukup maju sudah berkeluarga. Inisial GP.

Dia bilang kalo pacaran putus emang sakit banget rasanya mo nangis berhari2 dan tentu saja kapoknya 1/2 mati belum lagi kalo cinta mati. Makanya disarankan oleh para co untuk mencintai dengan biasa2 saja ngak pake cinta mati or mentok. Dan sering2 pacaran supaya sakitnya ngak makin terasa kalo diputusin. inget pepatah BISA karena BIASA.

Solusi 2: Ubah pemahaman kalo gonta ganti pacar adalah playboy. No bukan itu gonta ganti pacar adalah proses menunggu dan mencari untuk menemukan seseorang yang tepat karena dari beberapa kasus tersebut loe akan bener2 tahu pasangan seperti apa yang sepadan sama elo. ini dari teman gwe (TH) yang saat ini sedang menjalankan proses pre married consultant (menjelang wedding day) uhm jangan tanya ya mantan ce-nya berapa banyak.

Well gwe jamin pasti loe bilang itu alasan supaya co bisa gonta ganti pasangan. Itu terserah pemahaman masing2 lha. menurut gwe ada benernya, tergantung mind set-nya aja kali

Nah sekarang adalah pendapat pribadi gwe supaya bebas TRAUMA masa lalu.

Kasus yang gwe alami (gwe bukan curhat nih.... tapi gwe pengen supaya teman2 gwe bisa belajar dari pengalaman orang lain) :

2 kali pacaran serius dengan orang yang beda suku (BS & AS). Gwe pikir kalo berbeda agama mungkin masih bisa gwe ngerti kenapa pihak keluarga ngak setuju. tapi ini bener2 nyata NYOKAP2 co2 itu ternyata yang masih tradisional banget. Pokoknya anak2 laki mereka yg notabene semata wayang harus menikah dengan orang yang berasal dari suku mereka. Ternyata jaman maju ngak pengaruh kalo pikiran juga harus maju.

Yang tragis adalah x co gwe BS. bener2 ngambil jalan yang salah pindah keluar negeri kerja, hidup gila2an drugs and free sex alhasil pulang tinggal nama. well apa yang ada sama gwe? a BIG TRAUMA

yang tinggal sama gwe cuma rasa bersalah dan nyesel kenapa ngak berusaha keras mengejar semua impian bersama dengan semua kekuatan yang kita punya untuk mendapatkan sesuatu yang harus kita miliki. Well tapi gwe pikir memang bukan dia yang disediakan Tuhan untuk jadi teman seumur hidup gwe.

Masih belum lepas dari trauma gwe ketemu co (AS) yang bisa bener2 ngertiin gwe dan berkorban habis demi gwe. Gwe berpikir mungkin saatnya gwe maju dan lihat ke depan. Toh gwe punya orang yang bisa menyemangati gwe. Ya akhirnya pacaran terus dikenalin sama keluarganya dan di TOLAK mentah2 tanpa basa/i.

Rasanya perih banget dan yang paling parah gwe ngerasa BODOH BANGET sudah ada pengalaman tapi tetap ambil pilihan yang salah. gimana bisa melakukan kesalahan dengan 2 hal yang sama ???

Jadi dari pengalaman gw pengen bebas trauma mungkin ini bisa jadi pilihan

1. Hidup adalah untuk saat ini bukan masa lalu.

Semanis, semegah, sepahit, sesempurnanya hidup loe dulu whats ever (suka, duka, senang, sedih, perih) itu cuma masa lalu. Dan masa lalu itu ngak bisa loe ubah dengan cara apapun. even u r a WONDER WOMAN.

So tinggalin semua masa lalu kamu ngak perlu diinget2 dan disesali

2. Tatap masa depan buat 1000 (lebih banyak lebih bagus) langkah maju agar loe bisa lihat dari jauh masa lalu loe sampai tidak kelihatan lagi dan yang hanya loe lihat adalah setiap step yang elo lewati untuk meraih masa depan yang bahagia.

pastikan loe sudah melihat dan mengenal semua pilihan yang akan loe ambil. Saat langkah2 itu sudah loe buat maka lakukan step 1 step 2 selanjutnya. Jatuh ngak masalah tapi disarankan untuk TIDAK mundur karena 1000 langkah tidak akan berarti apa2 kalo saja di langkah ke 100 loe mundur. yang penting adalah seberapa besar kekuatan loe untuk bertahan di langkah tersebut.

Mis: 1.000 langkah loe maju sampai di step 100 dan loe jatuh tapi loe tetap bertahan maka artinya loe masih punya 900 yang harus dicapai (masih lebih ringan ketimbang ulang 100 langkah lagi dan mulai dari nol)

sedangkan kalo 1.000 langkah loe maju sampai di step 100 dan loe mundur itu semua akan sia2. karena 100 langkah yang loe lakukan dengan banyak pengorbanan waktu dan tenaga hanya habis sia2 begitu saja dan loe akan memulai lagi dari awal. (ini pasti lebih berat)

Sebenarnya ada satu hal yang sedang gwe pelajari dalam step 2 ini mungkin perlu kelengkapan 1 lagi "TIDAK KOMPROMI" tapi ternyata SUSAH BANGET. perlu tenaga EXTRA.

well semoga berguna....

ditunggu masukan & sharingnya...

Regards
Afi

No comments: